sensenblog

Just another WordPress.com site

Partisipasi Indonesia pada Asia Pacific Food Expo (APFE) 2009, Singapore

pada Desember 11, 2011

Untuk pasar di kawasan negara ASEAN dan wilayah Asia Pacific makin tajamnya persaingan antar negara di kawasan ini. Pertumbuhan ekspor produk pertanian serta efek komposisi produk, distribusi pasar dan daya saing terhadap ekspor produk pertanian ke kawasan Asia Pasific. Ekspor makanan olahan dari produk pertanian ini masih terfokus pada kawasan Asia Tenggara dan Timur Tengah. Pada kesempatan ini Singapore menyelenggarakan event pameran Asia Pasific Food Expo 2009 di Singapore Expo Hall pada tanggal 20- 24 November 2009. Pada pameran ini menampilkan produk : Processed Food & Drink, Alcoholic & Non Alcoholic Beverages, Health & Dietary Products, Specialty & Fine Food & drink, Frozen food, Sea Food, Chilled Food, dairy Products, Food & Drink Ingredients, Coffee and Tea, Poultry & Meat Products, Vegetables and Fruits, Spices.

Asia Pacific Food Expo (APFE) 2009 ini akan menampilkan para pelaku usaha dunia baik dibidang agribisnis dan general product dimana para pesertanya meliputi negara dari wilayah Asia termasuk Bangladesh, China, Indonesia, Korea, Mexico, Philippines, South Australia, Taiwan, Thailand and Turkey dan negara lainnya. Pada tahun 2009 ini, APFE bertujuan untuk menemukan peluang pangsa pasar baru dan perluasan akses pasar di wilayah Asia Pacific.
Untuk pasar Singapore masih terbuka luas untuk dimasuki beragam produk sayur dan buah unggulan. Adapun syaratnya lolos test AVA untuk residu pestisida, memenuhi aspek keamanan pangan yang dapat dicapai melalui cara-cara bertani yang baik (GAP), produk dikemas secara modern dan memenuhi syarat-syarat pengemasan standar, serta pengiriman konsisten sesuai kontrak yang disepakati.
Pada event kegiatan ini Direktorat Jenderal Pengolahan Hasil Pertanian, Departemen Pertanian bekerjasama dengan BPEN, Departemen Perdagangan ikut berpartisipasi pada kegiatan ini dimana mengikutsertakan juga para pelaku usaha dibidang produk makanan dan olahan hasil pertanian. Diharapkan ajang promosi ini merupakan kesempatan dan peluang bagi Indonesia, untuk menjalin mitra lebih baik lagi dengan Singapore sebagai salah satu pangsa pasar yang potensial di Asia. (Sources: Asia Pacific Food Expo & sumber terkait, data diolah oleh F.Hero K Purba)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: